Cara Percepat Charging Android Agar Cepat Penuh dengan Mudah

Cara percepat charging android sebenarnya mudah, namun kebanyakan tidak maksimal saat ngecas. Penggunaan android yang berlebihan, sebenarnya bukan hanya merugikan kesehatan mata kita. Tetapi juga menjadikan baterai android jadi mudah habis. Tentu akan merepotkan jika kamu kehabisan baterai, padahal aktivitas di luar ruangan cukup tinggi.

Cara-Percepat-Charging-Android
fast charging by 200degrees pixabay

Meski sudah ada powerbank yang membantu kita, tetapi menghemat baterai tetaplah lebih baik. Ada juga fitur fast charging yang sudah banyak diproduksi oleh berbagai vendor smartphone. Sayangnya, bagaimana dengan ponsel keluaran lama? Adakah cara percepat charging android agar cepat penuh yang bisa dilakukan?

Cara Percepat Charging Android

Mempercepat proses charging ternyata bisa kita lakukan, meskipun gadget yang kita miliki bukanlah keluaran terbaru dengan fitur fast charging. Beberapa cara agar baterai hp cepat penuh ini diketahui sangat mudah dan mampu membantumu untuk memaksimalkan fungsi ponsel android.

11 Cara Percepat Charging Android dengan Mudah

Masing-masing ponsel memang memiliki daya atau kapasitas baterai yang berbeda. Yang harus diingat adalah semakin sedikit penggunaan ponsel, maka semakin hemat baterai yang kamu gunakan. Berikut cara mempercepat pengisian baterai hp android, yang bisa sobat hp pintar lakukan.

1. Hindari Charger Ponsel dengan Kondisi 0%

Tips pertama untuk cara agar baterai hp cepat penuh, ialah hindari charger ponsel dengan kodisi baterai 0%. Karena akan sangat sulit membuat pengisian daya ponsel dengan cepat jika kondisi baterai menunjukkan 0%.

Untuk mengangkat charging dari 0% memang agak membutuhkan waktu lama. Sebaiknya kamu melakukan pengisian daya ketika indikator menunjukkan 10 hingga 15 % baterai androidmu.

mempercepat-charge-hp

Proses charging akan lebih cepat dibandingkan pada saat baterai benar-benar kosong. Sebaiknya tidak melakukan pengisian daya dalam kondisi 0% karena benar-benar akan memperlambat proses pengisian daya dan memperpendek usia baterai ponsel.

2. Gunakan Charger Ori

Tips kedua untuk cara agar hp cepat mengisi daya, ialah gunakan Charger Original. Tentu sudah bukan rahasia lagi bahwa sekarang ini banyak yang menjual charger ponsel dengan berbagai merk.

Ada yang asli ada juga yang palsu. Memang, charger palsu tetaplah bisa dipergunakan untuk mengisi baterai. Tetapi ujungnya adalah hanya akan merusak baterai itu sendiri.

cara cepat mengisi baterai hp samsung

Setiap vendor smartphone sudah menghitung seberapa besar tegangan dan juga aliran arus yang pas untuk perangkatnya. Maka dari itu sebaiknya selalu gunakan charger original ketika melakukan pengisian ulang baterai ponselmu. Tidak hanya menjadi lebih cepat tetapi penggunaan charger original ini akan membuat baterai juga lebih awet digunakan.

3. Mengaktifkan Airplane Mode

Tips ketiga untuk cara agar baterai cepat penuh adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode. Tahukah kamu apa itu fungsi dari airplane mode? Fitur ni akan mematikan data sekaligus kartu sim yang ada pada hpmu.

Tetapi kondisi hp masih dalam keadaan menyala. Dengan mengaktifkan airplane mode maka semua jaringan akan terputus. Cara percepat charging android ini cukup mudah dilakukan. Semua jaringan akan terputus.

cara mempercepat pengisian baterai hp asus-airplane-mode

Hal ini juga bisa membantu mempercepat pengisian ulang baterai karena konsumsi baterai memang tidak begitu banyak digunakan ketika berbagai macam koneksi sudah terputus. Coba beberapa menit dan lihat bagaimana hasil pengisian baterai yang akan lebih cepat.

4. Menggunakan Aplikasi Pendukung

faster charger apk

Langkah ke eampat agar bisa mempercepat proses pengisian daya, menggunakan aplikasi pendukung tidak ada salahnya. Gunakan aplikasi pendukung seperti fast charging. Nantinya dengan aplikasi ini bisa membuat pengisian menjadi lebih cepat sekitar 20 hingga 40 persen.

Kepoin yuk : Aplikasi Android Terpopuler

Besar kecilnya tentu bergantung pada ponsel atau android yang kamu gunakan. Carilah aplikasi yang recommended dan sudah mendapatkan ulasan baik di google playstore. Aplikasi untuk membantu pengisian daya lebih cepat.

5. Nonaktifkan Ponsel

Kemudian, cara agar baterai cepat penuh selanjutnya ialah dengan nonaktifkan ponsel. Bukan hal baru bahwa menonaktifkan ponsel ketika dicharge akan membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat.

Ketika mengisi daya, sebaiknya kamu mematikan ponsel atau android terlebih dahulu. Langkah ini bisa mempercepat proses dan memperpanjang usia baterai dari ponselmu.

cara menambah daya baterai hp
Gambar oleh nickypung dari Pixabay

Metode ini mirip dengan menggunakan airplane mode tadi. Cara percepat charging android dengan mudah salah satunya adalah dengan mematikan ponsel. Caranya juga jauh lebih efektif dan tentu menjamin pengisian daya menjadi lebih cepat. Sebab, android tidak akan mengeluarkan daya sama sekali ketika dicharge dalam kondisi mati.cara menambah daya baterai hp

6. Charge dengan Tegangan Stabil

Ada beberapa orang yang dalam kondisi terdesak akan mengisi daya baterai android melalui sambungan laptop atau komputer. Cara memang akan membantu mengisi daya. Tetapi yang terjadi adalah lamanya waktu yang dibutuhkan serta memperpendek usia baterai.

modifikasi charger hp agar cepat penuh

Jadi cara agar baterai hp cepat penuh, perlu lakukan pengisian daya pada tegangan listrik yang stabil. Bukan pada laptop atau komputer menggunakan kabel data. Fungsi dari kabel data hanyalah untuk memindahkan file dari ponsel ke perangkat laptop tersebut bukan untuk melakukan pengisian daya baterai.modifikasi charger hp agar cepat penuh

7. Hindari Tempat Panas

Langkah penting cara agar cas hp cepat penuh, pastinya sebisa mungkin hindari tempat panas saat proses pengisian baterai. Tempat untuk menyimpan ponsel dengan baik adalah di tempat yang kering dan terhindar dari medan magnet.

Usahakan untuk menghindari tempat panas ketika melakukan pengisian daya ini. Sebab, ponsel dengan suhu panas akan membuat energi dalam baterai memuai. Bahkan ketika ponsel mati. Pastikan bahwa kamu meletakkannya di tempat yang kering dan tidak kepanasan.

8. Log out Semua Aplikasi

Selanjutnya cara cepat mengisi baterai hp adalah dengan logout dari semua aplikasi. Beberapa aplikasi sering memudahkan kita untuk tidak perlu menutup akun. Misalnya saja seperti facebook, instagram ataupun sosial media lain. Jika kebiasaanmu adalah tidak melog out akun tersebut, tak heran apabila baterai cepat habis.

Cara percepat charging android dengan mudah adalah memutus sambungan internet seperti facebook dan lain sebagainya. sebab jika tetap terhubung, android akan bekerja untuk mengirimkan notifikasi yang baru dari akunmu. Log out terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian daya baterai agar lebih cepat.

9. Kontrol Penggunaan

Masih ada yang menggunakan android saat dilakukan pengisian daya. Padahal, cara ini hanya akan merusak baterai dan memperlambat pengisian baterai. Jangan lupa bahwa baterai memiliki kemampuan yang tak bisa terus diforsir.

cara mengetahui charger yang cepat mengisi

Ingat bahwa android yang kamu miliki memiliki kapastias yang berbeda dengan lainnya. Jika memang kapasitasnya besar mungkin akan menguntungkan karena penggunaan bisa lebih lama. Tetapi tetap tak disarankan untuk menggunakan ponsel saat dilakukan pengisian baterai. Sebaiknya matikan atau paling tidak putus sambungan internet terlebih dahulu hingga persentase pengisian daya cukup tinggi.cara mengetahui charger yang cepat mengisi

10. Lepas Case

Cara percepat charging android berikutnya tak banyak diketahui. Smartphone sekarang ini memang bergantung pada baterai lithium-ion. Sifat kimia dibalik cara kerja mereka menentukan bahwa proses pengisian daya memang bekerja jauh lebih efisien ketika baterai dalam kondisi dingin.

Suhu baterai sebagian dikendalikan oleh suhu sekitar dan sebaiknya melepaskan casing agar bisa membantu menurunkan suhu. Jangan pernah meletakkannya di kulkas alih-alih ingin mendinginkan suhu. Penurunan efisiensi pengisian daya baterai bahkan akan menjadi lebih parah jika ada di suhu dibawah kisaran ideal. Hindari ponsel terkena sinar matahari secara langsung.

11. Hindari Wireless Charging

Akan sangat lebih baik jika kamu menggunakan kabel untuk mempercepat pengisian baterai. Apabila kau memilih wireless charging maka tentu akan lebih lambat. Pengisian daya tanpa kabel mungkin akan terdengar tak merepotkan tetapi ternyata akan lebih lambat. Gunakan charger asli dan menggunakan kabel.

Beberapa cara yang tersedia ini bisa kamu coba untuk membuat baterai tahan lama. Apalagi jika android yang kamu miliki tak disertai fitur fast charging. Tak perlu khawatir. 11 cara percepat charging android ini akan membantumu. Selamat mencoba!