Cara Mengatasi Hp Lemot Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realmi & Penyebabnya

Cara mengatasi hp lemot sebenarnya kita bisa atasi dengan sangat mudah, jika penyebabnya sudah tahu. Dengan begitu, bagi yang belum mengetahui apa penyebab hp lemot & bagaimana untuk mengatasi hp lemot, panas, hingga hp ngelag parah, simak ulasan dari hppintar sampai selesai.

Sebagai sistem operasi, android terus melakukan peningkatan sehingga tak heran jika sistem operasi ini sering melakukan update. Yang mana, salah-satu fungsi update os android bertujuan untuk memperbaiki atau menghilangkan bug yang bisa membuat hp lemot, panas, ngelag, bahkan bisa merusak smartphone.

cara-mengatasi-hp-lemot
Cara mengatasi hp lemot

Os android yang paling baru adalah Android 13 Tiramisu, yang dirilis perbulan Februari 2022. Bahkan di akhir tahun 2023 sekarang ini sudah mulai meluncur os android 14. Pembaharuan os android terbaru, biasanya akan dirillis secara berkala yang di awali pada perangkat Google Pixel, setelah itu digunakan untuk smartphone dari vendor lain.

Meskipun begitu, bukan berarti sepenuhnya setelah melakukan update os android akan menjadikan hp tidak lemot lagi. Karena faktanya banyak faktor lain yang dapat membuat hp lemot, lelet, hp ngelag, berat, hingga panas.

Sekarang silahkan ketahui penyebab dan cara mengatasi hp lemot, hp lelet, hp panas & hp ngelag yang membuat performa smartphone kamu menurun berikut ini.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Banyak sekali penyebab hp lelet, begitu pula banyak yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi hp lemot atau lelet. Anda bisa mengambil tindakan dengan cepat dan benar, sehingga ponsel bisa berfungsi dengan normal dan aktivitas menjadi lancar.

Tanpa perlu berlama lagi, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi hp lemot ialah:

Hapus Cache Aplikasi

Langkah pertama untuk cara mengatasi hp lemot, lelet atau ngelag ialah membersihkan cache aplikasi di smartphone. Yang mana, cache sendiri adalah proses penyimpanan data yang berisi file, gambar, skrip sementara yang berjalan pada aplikasi maupun situs browser.

Semakin sering menggunakan aplikasi ataupun browser, maka cache juga secara otomatis akan semakin banyak menyimpan data history penggunaan. Dengan demikian, setelah menghapus cache maka akan membuka ruang penyimpanan semakin besar.

Berikut ini, langkah-langkah cara mengatasi hp lemot dengan membersihkan atau hapus cache aplikasi di smartphone:

  1. Buka Smartphone
  2. Menu Pengaturan
  3. Aplikasi
  4. Pilih Aplikasi yang akan di clear cache
  5. Penyimpanan / Storage
  6. Clear Cache / Hapus Memori
  7. Selesai

Dengan hapus cache aplikasi hp, maka ruang penyimpanan internal maupun eksternal smartphone akan berkurang. Sehingga yang tadinya lelet, lambat, hp lemot di karenakan cache sudah menumpuk dengan cara clear cache maka smartphone bisa cepat lagi.

Tenang dengan membersihkan cache di aplikasi smartphone, tidak akan membuat menghapus akun yang tertaut atau tidak akan membuat logout dari aplikasi.

Hapus Data Aplikasi

Langkah kedua untuk cara mengatasi hp lemot atau hp ngelag ialah dengan cara hapus data aplikasi. Prosesnya, tidak berbeda jauh seperti saat membersihkan cache aplikasi pada metode pertama tadi.

Efek yang terjadi setelah menghapus data aplikasi di ponsel, akan membuat akun logout dari aplikasi dan menghapus pengaturan, file, data base. Dengan demikian, pastikan sebelum melakukan hapus data aplikasi, kamu perlu mengingat ID dan Password yang digunakan untuk login ke aplikasi.

Selengkapnya Cara hapus data aplikasi di smartphone kamu, silahkan simak berikut ini:

  1. Buka menu pengaturan HP
  2. Pilih layanan Aplikasi
  3. Tentukan aplikasi yang akan di Clear Data
  4. Pilih storage atau penyimpanan aplikasi.
  5. Clear Data / Hapus Data
  6. Selesai

Adapun hasilnya setelah berhasil hapus data aplikasi di smartphone, nantinya secara otomatis aplikasi bersih lagi dan kembali ke pengaturan pabrik. Tentunya sangat ampuh untuk cara mengatasi hp lemot dengan metode hapus data aplikasi ini, karena akan memperbesar ruang penyimpanan semakin lega.

Ingat kembali, apabila sudah berhasil Hapus Data Aplikasi di hp, maka nantinya kamu perlu login ulang dengan memasukkan ID dan Password ke aplikasi. Contoh hapus data aplikasi paypal, maka mau gak mau nantinya perlu mengisi lagi ID, Password dan kode OTP untuk verifikasi login ke aplikasi paypal.

Biasanya cache dan data aplikasi yang memakan ruang memori besar sehingga menyebabkan hp lemot, berat atau ngelag ialah aplikasi e-commerce seperti shopee, tokopedia, lazada. Aplikasi medsos, seperti FB, IG, YouTube dan aplikasi browsing seperti chrome, uc browser dll.

Hapus Video dan Foto

Banyaknya video dan foto yang tersimpan di smartphone, merupakan salah satu penyebab hp lemot dan ngelag.

Mengingat spesifikasi kamera smartphone sekarang memiliki resolusi yang cukup tinggi, maka kapasitas untuk menyimpan hasil dari video dan foto pun sangat besar, menjadikan sisa memori semakin menipis.

Dengan begitu cek kembali semua video dan foto yang sekiranya tidak penting, duplikat. Lalu silahkan hapus video dan foto untuk mengurangi kapasitas memori yang terpakai, agar smartphone tidak lemot lagi.

cara-mengatasi-hp-lemot-oppo-memori-penuh

Setelah hapus sebagian foto dan video. Untuk cara mengatasi hp lemot dan ngelag selanjutnya, kamu juga bisa mengurangi ukuran dan resolusi gambar & video yang berada di pengaturan kamera. Supaya hasil dari jepretan foto & rekaman video tidak menyimpan file besar.

Pastikan selalu untuk menyisakan ruang lebih pada memori setidaknya 25% ruang kosong, agar ponsel bisa berjalan tanpa terganggu dengan memori yang tersisa sedikit.

Hapus Widget dan Live Wallpaper

Tanpa disadari, penggunaan widget dan live wallpaper bisa memengaruhi kinerja smartphone. Kedua fitur tersebut memang bisa membuat tampilan smartphone menjadi lebih keren, namun sebenarnya bisa juga membuat lemot dan berat, terlebih jika widget yang digunakan sangat banyak.

Kedua fitur tersebut bisa membuat hp lemot karena sangat membebani RAM. Tak hanya lemot, ponsel yang anda gunakan juga bisa mengalami error force close, sehingga aplikasi yang dijalankan mendadak tertutup dan berhenti secara paksa.

Cara mengatasi hp lemot karena masalah ini sangat mudah, cukup ganti live wallpaper dengan gambar biasa atau bisa juga menggunakan wallpaper default agar kinerja ponsel menjadi sangat ringan.

Selain live wallpaper, kurangi juga penggunaan widget. Jika sangat membutuhkan widget, pilih widget yang sangat dibutuhkan dan hapus widget yang tidak terlalu sering digunakan.

Hapus Aplikasi

Penyebab hp lemot yang berikutnya adalah aplikasi. Aplikasi memang salah satu komponen yang bisa memaksimalkan kinerja smartphone, namun aplikasi juga bisa menjadi biang masalah jika jumlahnya terlalu banyak.

aplikasi-berlebihan-hp-lemot

Kadang pengguna smartphone tidak memikirkan kapasitas smartphone saat melakukan install aplikasi. Sehingga aplikasi yang ada di smartphone menjadi banyak dan menumpuk.

Terlalu banyak install aplikasi membuat ruang pada smartphone menjadi berkurang. Selain itu, aplikasi juga akan membebani kinerja RAM. Untuk mengatasi hal tersebut, sesuaikan penggunaan aplikasi dengan kondisi smartphone atau sesuai dengan kebutuhan.

Hapus aplikasi yang jarang atau bahkan sudah tidak diperlukan agar smartphone memiliki ruang yang lebih besar.

Setelah menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Lalu yang tersisa merupakan aplikasi media sosial, e-commerce, browser, maka lakukan penghapusan cache secara berkala agar file sampah tidak menumpuk dan mengganggu kinerja smartphone, sesuai cara mengatasi hp lemot di metode pertama dan kedua.

Aplikasi Berjalan Bikin panas

Masih berhubungan dengan aplikasi, penyebab hp lemot yang selanjutnya adalah aplikasi yang berjalan pada background.

Perlu diketahui, beberapa aplikasi yang sudah ditutup kadang tetap berjalan di background atau latar belakang. Tentunya, membuat hp panas dan mengganggu kinerja sistem operasi android yang bisa menjadi hp lemot juga.

aplikasi-berjalan-hp-lemot

Untuk cara mengatasi hp lemot dengan penyebab yang satu ini, adalah menghapus recent apps. Selain menghapus recent apss, Anda juga harus mengatur setiap aplikasi agar tidak berjalan pada background dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi manajer.

Anda bisa menghentikan aktivitas aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga kinerja sistem smartphone android bisa kembali cepat dan tidak lemot.

Update Aplikasi

Metode cara mengatasi hp lemot dengan melakukan update aplikasi, merupakan langkah yang sangat bagus. Agar kekurangan pada aplikasi seperti bug, bisa diperbaiki dengan sistem yang baru. Namun hal tersebut ternyata bisa mengganggu kinerja smartphone karena kapasitas penyimpanan akan berkurang.

Selain berpengaruh dengan penyimpanan, update aplikasi juga berpengaruh pada RAM yang memiliki kinerja semakin berat.

cara-mengatasi-hp-lemot-saat-internet-update-aplikasi

Langkah untuk mengatasi lemot yang satu ini cukup mudah. Sebelum melakukan update, pastikan smartphone yang digunakan sesuai dan kompatibel jika dilakukan update aplikasi. Jika kapasitas penyimpanan dan RAM tidak sesuai, lebih baik tidak melakukan update aplikasi.

Hapus Aplikasi Antivirus

Perlu diketahui bahwa sebenarnya pemasangan aplikasi antivirus tidak diperlukan untuk smartphone, karena Android memiliki sistem keamanan dari serangan virus.

Hal ini bisa dibuktikan adanya Google Play Protect di Play Store. Fitur play protect tersebut memiliki fungsi untuk memindai aplikasi yang akan diinstall pada smartphone.

Aplikasi antivirus sendiri biasa digunakan dengan harapan bisa menghadang virus yang akan menyerang smartphone, namun ternyata tindakan tersebut sangat membebani RAM karena antivirus tersebut terus berjalan pada background. Jika sudah begini, maka bisa ditebak penyebab smartphone menjadi lemot.

Cara mengatasi hp lemot dan ngelag dengan masalah ini sangat mudah yaitu dengan uninstall aplikasi antivirus, sehingga ruang penyimpanan lebih lega dan sistem android beroperasi dengan lancar.

Memiliki Akun Email yang Terlalu Banyak

Penyebab hp lemot dan cara mengatasi hp lemot yang terakhir adalah akun email yang terlalu banyak pada satu smartphone.

Email adalah salah satu komponen penting untuk smartphone. Namun jika akun email yang di miliki terlalu banyak, maka akan berpengaruh pada kinerja smartphone.

banyak-email

Kecepatan kinerja yang berkurang disebabkan karena aktivitas multi login akun, membuat akun email akan berjalan dan melakukan sinkronisasi secara otomatis.

Proses tersebut akan membuat RAM dan CPU menjadi bekerja lebih berat. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melepas akun email yang tidak digunakan. Sehingga kinerja ponsel menjadi lebih ringan dan tidak lemot lagi.

Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan, masih banyak penyebab lain yang membuat hp lemot. Namun yang paling sering terjadi sekarang ini, serperti ulasan di atas yang selalu menjadikan hp lemot, panas, ngelag atau berat.

Baca juga:

Itulah penjelasan dari hppintar.com mengenai penyebab dan cara mengatasi hp lemot terbaru 2024. Semoga bermanfaat bisa mengatasi hp lemot atau ngelag di smarphone samsung, oppo, vivo, xiaomi, realmi dan ponsel lainnya.